Ternyata Anda Tak Perlu Melarang Anak Bermain Game di Laptop



Aktivitas bermain game memang merupakan sesuatu yang lumrah bagi generasi masa kini. Namun akan lain jadinya bila anak Anda sering bermain game. Para orang tua kerap merasa resah dengan kebiasaan anak yang gemar bermain game di laptop. Padahal persoalan ini bisa diatasi dengan pendekatan khusus.

Sehingga dimunginkan Anda tak perlu melarang anak bermain game di laptop. Asalkan bisa menerapkan beberapa hal ini dan memberitahukannya kepada anak Anda, seperti:

Jangan Sampai Melupakan Tanggung Jawab
Bermain game bukannya tidak diperbolehkan. Asalkan anak-anak tidak melupakan tanggung jawabnya yang lain. Tanggung jawab belajar dengan baik, bersosialisasi, dan membantu orang tua wajib menjadi prioritas. Bila berbagai tanggung jawab tersebut bisa dipenuhi dengan baik, maka bermain game sebagai aktivitas hiburan tentu bukanlah masalah yang harus diperdebatkan.

Mengimbangi Penggunaan Laptop dengan Hal Bermanfaat
Laptop kesayangan anak tidak cuma bisa dimanfaatkan untuk bermain game. Lebih dari itu, laptop juga bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas dan mencari referensi pelajaran. Pada saat-saat tertentu, ajak anak untuk menggunakan laptopnya dengan bijak. Usai mengerjakan tugas dan belajar, maka anak pun bisa diberi kebebasan untuk bermain game.

Mengajarkan Manajemen Waktu pada Anak
Tidak masalah bila anak Anda hobi bermain game. Selama mereka masih bisa membagi waktu dengan baik. Manajemen waktu yang menjadi kebiasaan hidup membuat anak tidak mengalami kecanduan game. Kendati gemar bermain game, anak akan terbiasa membagi waktunya untuk melakukan hal-hal lain yang bermanfaat.

Generasi masa kini memang tidak bisa dikekang terus-menerus. Karena dengan berlebihan melarang mereka, bisa jadi justeru berpotensi bermain di luar dan tanpa sepengetahuan kita. Apalagi akses sangat mudah sekali diperoleh, seperti menjamurnya tempat bermain games atau warnet-warnet. Menyadari hal tersebut, tidak ada salahnya memberikan fasilitas berupa laptop di rumah. Anak-anak semakin mudah dikontrol dan diawasi, daripada dibiarkan malah berpotensi bermain di luar rumah.

Namun, sebelum memberikan laptop secara cuma-cuma, mungkin sebelumnya diberikan syarat, misalnya; jika anak naik kelas dengan nilai memuaskan, atau adanya pencapaian prestasi tertentu, Anda bisa berjanji membelikan laptop canggih sebagai hadiahnya. Laptop Acer gaming dengan spesifikasi canggih bisa menjadi pertimbangan Anda. Laptop yang bisa diperoleh di MatahariMall ini memiliki performa unggulan untuk mendukung segala kegiatan anak. 

Dengan memberikan penghargaan (reward) atas usaha anak akan memacu semangatnya. Pun dalam pemanfaatannya tidak hanya untuk bermain game, namun juga bisa menggunakannya untuk mendukung aktivitas belajar, mengarahkan maupun mengawasi kegiatan anak agar tetap positif dan bermanfaat.

Baca Tulisan Lainnya:

0 Komentar. Tambahkan Komentar »

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Apapun itu, selama tidak merugikan, merendahkan, dan menghina golongan tertentu. Baik itu berupa kritik maupun saran terkait bahasan di atas. Terima kasih atas komentar dan kunjungannya yah :)