Eren Homestay, Pilihan Tepat Bermalam di Kota Wisata Batu


Kebersamaan kami, Komunitas Blogger Malang Netizen tak berhenti selepas makan bersama. Sepulang dari Warung Khas Batu (11/11), kami melanjutkan ngobrol bersama di homestaynya mbak Eren. Jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat kami makan sebelumnya. Jadi, tak butuh waktu lama untuk tiba di Eren Homestay, yang berlokasi di Jl. TVRI No. 11, Oro Oro Ombo, Batu.


Saya dan teman-teman memang merencakan bermalam di sini. Karena kami berfikir; masih banyak yang perlu dipelajari bersama, khususnya mengenai dunia blogging. Lagipula sebagian besar dari kami rumahnya di Malang Kota. Jadinya kami memilih menginap dan pun atas ajakan mbak Eren. Baik banget mbak Eren *sungkem *kode :D.

Sayangnya tak semua teman-teman bisa ikut menginap saat itu. Karena berbagai halangan dan kepentingan mereka yang mengharuskan segera kembali ke rumahnya. Hingga tengah malam yang tersisa hanya kami berlima, diantaranya ada mas Sandi, mas Endri, Mas Selamet, Mas Faqih dan saya.

Bermalam di Homestay Eren (taken by @sandi.iswahyudi) Batu, 11 November 2016 Selepas acara makan malam, kami melanjutkan obrolan dan sharing2nya di homestaynya mbak Eren. Lokasinya tidak terlalu jauh, kurang lebih berjarak 3.5km dari tempat kami makan dan homestaynya cukup dekat dengan Batu Night Spectacular #bns, mungkin sekitar 800m saja. Karena daerahnya masih sama-sama di Oro Oro Ombo, Batu. Dari sekian blogger yang tersisa hanya lima orang saja yang nginap. Sedangkan lainnya belum bisa ikut menginap karena berbagai halangan. Jadi tinggal mas @sandi.iswahyudi, @selamethariadi, @endritaagung dan @achmad_faqih_17. Ah, sayang sekali tidak lengkap, mungkin lain waktu bisa ngumpul lebih rame. Eh iyah, ini kami lagi bermain-main dengan google map. Saking antusiasnya mendengar penjelasan mas @endritaagung posisi kami sampek (maaf) nungging2 gitu, hihi. mas @sandi.iswahyudi juga gak ngomong kalau mau jepret, hhahaha. Dan, malam pun semakin larut, banyak keseruan yang kami lalui. Benar-benar seru :D #latepost #sharing #sharingblog #google #map #googlemap #blogger #malang #bloggermalang #malangcitizen #homestay #batu #kotabatu #kotabatumalang
A photo posted by Richo A. Nogroho (@richoku) on

Mas Sandi tidak kejepret, karena dia yang ngabadikan foto tersebut. Lokasinya di ruang tengah.

Suasana Homestay Nyaman Sekali

Kesan pertama itulah yang saya rasakan. Bagaimana tidak, baru hendak turun dari kendaraan saja rasanya tidak tega harus menginjakkan kaki di hamparan rumput karpetnya. Naluri saya jadi teransang untuk bermain bola. Yah, malam itu berasa seorang pemain sepak bola terkenal saja. Karena berdiri di atas rumput hijau bak lapangan sepak bola.

Foto Eren Homestay tampak depan (kiri diwaktu malam hari dan kanan pagi hari)

Malam kita dibuat tenang karena suasana sunyinya. Tapi kalau pagi hari bisa mendengar suara kicauan burung Lovebird, Kenari. Tertarik?, dijual juga, loh!

Kalau kalian rame-rame rombongan, baik itu mengendarai sepeda motor maupun menggunakan mobil, kalian tidak perlu khawatir memarkirkan kendaraan kalian. Halaman depannya luas sekali. Sepertinya cukup beberapa kendaraan, mungkin bisa muat dua hingga tiga mobil -apabila halaman sebelahnya lagi kosong.

Area parkir luas, beberapa motor muat dan bila waktunya tidur bisa dimasukkan ke garasi belakang dan samping.

Fasilitas Tersedia Lengkap

Ruang tamunya luas, tersedia beberapa kursi lengkap dengan mejanya. Mau ngobrol diwaktu pagi hari sambil menikmati secangkir kopi, pas sekali!. Atau ingin berdiskusi singkat bersama rekan-rekan sebelum pergi ke tempat wisata tujuan? tentu bisa juga.

Ruang tamu depan. Pemilihan warna tembok yang cerah dan warna-warni, ngebuat liburan kalian terasa semakin berwarna.

Tak hanya ruang depan yang luas, begitu juga dengan ruang tengah yang nyaman untuk berkumpul bersama. Tak perlu menggelar tikar yang mungkin kalian bawak. Karena sudah tersedia karpet yang cukup tebal dan mampu melawan dinginnya lantai keramik. Juga ada deretan kursi yang bisa dipakai; mungkin bagi yang tak tahan duduk di bawah.

Ruang tengah, asik untuk bersantai dan nonton tv.

Ruang atas bisa kalian maanfaatkan menaruk barang bawaaan yang berukuran besar. Di atas tidak terdapat kamar tambahan.

Bosan nonton tv isinya berita terus?, jangan risau. Eren Homestay menyediakan dvd player lengkap dengan koleksi film-film terbaru.

Eren Homestay memiliki tiga kamar tidur. Kamarnya cukup luas dengan ranjang tidurnya yang empuk-empuk. Cukup untuk rame-rame bersama teman kampus, atau kalian berlibur sekeluarga. Setiap kamarnya juga sudah dilengkapi selimut yang cukup tebal. Berguna sekali untuk menghangatkan tubuh selama terlelap.

Secara urut dari pertama, kamar paling depan, kamar tengah dan kamar paling ujung belakang.

Malas Mandi Karena Dingin Sekali?

Hawa Batu seperti yang sudah kita ketahui dinginnya, brrrrrrr!!. Apalagi di malam hari, sampai meresap ke sekujur tubuh. Kadangkala kita malas mandi karena faktor dingin. Tentu tidak mungkin kan yah, kalau selama berada di Batu tidak mandi sama sekali, hihi. Menghadapi problem itu kalian tidak perlu khawatir selama berada di sini. Karena kamar mandinya sudah dilengkapi air hangat.

Kamar mandi plus air hangatnya. Jumlah kamar mandinya ada tiga, temasuk dua yang berada di belakang.

Malas Masak Sendiri? Pesan Saja!

Di Eren Homestay sudah terdapat fasilitas dapurnya. Lengkap beserta alat masak, kompor gas, gelas, sendok, piring dan perlengkapan dapur lainnya. Tidak perlu repot membawa perlengkapan dapur dari rumah, yah. Catat. Di sana sudah tersedia semua, kalian tinggal menggunakannya saja.

Disedikan the, kopi dan mie instan yang bisa dimasak langsung. Gratis!

Namun, ada kalanya perjalanan selama berwisata banyak menyita waktu. Rasa lelah mungkin jadi hal yang tersisa dari keseruan wisata kalian seharian. Ingin masak tapi waktunya sempit?, belum lagi persiapan ke tempat wisata berikutnya. Sehingga tenaga yang tersisa harus dipulihkan dengan memanfaatkannya untuk berisitirahat. Menyadari kebutuhan tersebut, Eren Homestay memfasilitasi pesan antar makanan melalui KWB (Kota Wisata Batu) Kuliner.

Daftar menu makanan. Tersedia makan khas Jawa dan aneka minuman es/juice, kopi, dll.

Makan dan minuman bisa diantar langsung ke homestay dengan menghubungi 0341-590261 / 081334118888. Sementara untuk informasi selengkapnya nanti bisa langsung dibaca di daftar menu dan makannnya. Di sana sudah tertera lengkap berserta harga dan ketentuan pemesanannya.

Lokasinya Dekat dengan Tempat Wisata

Eren Homestay letaknya sangat strategis, dekat dengan wisata-wisata popular di Kota Batu. Mau menikmati wahana pemandian, permainan, mengunjungi museum satwa, sarana edukasi, air terjun, hingga perkemahan semua tidak jauh dari homestaynya. Perhatikan lokasi tempat wisata berikut:
Nama Tempat Wisata
Jarak
Lokasi
Estimasi Waktu Tempuh (±)
Batu Night Spectaculer (BNS)
800 m
5 menit
Museum Satwa
1.3 km
7 menit
Batu Secret Zoo
1.3 km
7 menit
Eco Green Park
1.4 km
8 menit
Predator Park
4.8 km
11 menit
Peternakan Kuda Milik Prabowo
2.5 km
7 menit
Kebun Strawberry dan Bunga
60 m
Jalan kaki
Air Terjun Coban Rais
2.1 km
Jalan kaki (1.5 jam)
* Pengukuran estimasi jarak dan waktu tempuh menggunakan fasilitas google map. Memungkinkan jarak sebenarnya lebih dekat, apalagi jika melelewati rute tercepat.

Gimana, dekat semua kan?. Oh iyah tambahan, khusus Wisata Air Terjun Coban Rais, pengunjung harus menempuh perjalanan tanpa kendaraan, karena medannya tidak memungkinkan, jadi harus jalan kaki dan tentunya informasi di atas hanya mencakup sebagian tempat wisata saja. Masih banyak lagi lainnya yang bisa kalian kunjungi tak jauh dari sini. Karena kalau membahas wisata di Batu tidak akan pernah ada habisnya. Semua keren-keren dan masing-masing menawarkan kepuasan tersendiri.

Tarif Sewa Eren Homestay

Dari semua yang bisa kita peroleh di atas, pasti harganya mahal? tidak juga. Justeru itu yang perlu dicatat juga. Harga yang ditawarkan sangat bersahabat dan terjangkau untuk dompet para mahasiswa sekalipun. Apalagi bila menginapnya rame-rame, tinggal patungan mungkin perorangnya hanya mengeluarkan puluhan ribu saja. Berikut tarif sewanya:

Weekday (Senin - Jum’at): IDR. 400K
Weekend (Sabtu - Minggu dan Hari Libur): IDR. 500K
High Season: IDR. 1.000K
+ Extra Bed IDR. 100K

Murah sekali, kan?. Dengan harga di atas kalian sudah bisa menikmati fasilitas yang dibutuhkan selama liburan. Jadi tanpa perlu repot-repot membawa barang kebutuhan yang berlebih selama menginap. Selama di Eren Homestay kalian tinggal memanfaatkan fasilitas yang disediakan.

Lokasi Eren Homestay

Alamat: Jl. TVRI No. 11, Oro Oro Ombo, Batu, Jawa Timur
SMS/Whatsapp: 081334338080
PIN BBM: 5AB5107E
Site: http://www.erenhomestaybatu.com
Mail: homestayeren@gmail.com


Baca Tulisan Lainnya:

11 Komentar. Tambahkan Komentar »

  1. reviewnya lengkap sekali mas (hingga ada estimasi jarak ke tempat-tempat wisata batu) ....trims infonya mas...
    jadi bisa mbantu teman2 yang ingin merencanakan liburan di batu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur suwun mas Faqih. hihi, biar calon wisatawan punya gambaran luas mas :D. siap, nanti kita berangkat berlibur lagi yak ;)

      Hapus
  2. wah patut dicoba kalau jalan2 ke batu

    BalasHapus
  3. Wiih.. ga disini gak disana tebar-tebar kode melulu wkwkkwk

    Aku pernah lho.. jalan kaki dari Universitas Muhammadyah ke Coban Rais... demi apa coba...

    Asli tempatnya enak banget, ulasannya juga lengkap...boleh tak share ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahaha, ngode biar cepat mbak :D
      Wih, pasti terbayar lelahnya yah mbak. sangar mbak Retno, hihi.
      Benar mbak, rekomen pokok. makasih mbak, monggo ;)

      Hapus
  4. Manja banget kamar mandi nya dah pake air panas, bener banget kalo batu itu dingin nya bikinmenggigil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahaha, cocok untuk udara Batu yang duingin mas Cum, gahaha. Jadi gak menggigil2 lagi kalau mandi :D

      Hapus
  5. Lengkap banget reviewnya...., mantab nih.....
    ^_^

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Apapun itu, selama tidak merugikan, merendahkan, dan menghina golongan tertentu. Baik itu berupa kritik maupun saran terkait bahasan di atas. Terima kasih atas komentar dan kunjungannya yah :)