Mengenal Affiliate Marketing bersama MatahariMall.com


Mendengar kata Affiliate Marketing mungkin kita sudah tidak asing lagi, yah?, terutama di kalangan teman-teman blogger. Seperti kita sadari pemanfaatan media sosial sekarang sudah semakin meluas, khususnya dalam hal ini berbicara dunia blogging. Kalau dahulu blog hanya digunakan untuk menumpahkan perasaan, kegundahan, atau segala unek-unek yang menggau pikiran dan juga berbagi informasi kepada pembaca saja. Saat ini sudah banyak menjadi rekanan para advertiser untuk memasarkan produk-produknya.

Menyenangkan sekali ketika hobi yang kita senangi tak hanya memberikan kepuasan dalam melakukannya, tapi juga mampu memberikan pemasukan secara finansial. Banyak cara untuk memonetasi blog agar menghasilkan pundi-pundi rupiah. Salah satunya dengan mengikuti program affiliate. Seperti yang diperkenalkan MatahariMall.com dalam Talkshow & Gathering bertajuk Affiliate Aja. Acara ini merupakan road show yang diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia.

Pada hari Jum’at, 30 September 2016, MatahariMall.com menyapa blogger Malang dan sekitarnya. Acara yang berlangsung di Ballroom Harris Hotel & Conventions, Malang ini mengusung tema yang sama “Smart Income Through Affiliate Marketing". Saya berkesempatan hadir pada acara tersebut bersama teman-teman blogger Ngalam dan dari komunitas blogger lainnya.

Registrasi ulang sudah dibuka sejak pukul 15.00 WIB. Namun baru pukul 16.04 WIB acara dimulai. Iyah, sejam lebih untuk menunggu acaranya dimulai. Karena sebagian peserta ada yang masih menunaikan ibadah sholat Ashar di lantai dua dan peserta yang masih dalam perjalanan. Sembari menunggu kami bisa menikmati minuman dan makan ringan yang sudah tersedia di sisi sebelah barat.

[saya berada di meja tengah sisi paling barat]

Dekat dengan makanan, Cho?, lumayan dekat, tinggal menepi ke pojokan. Sementara di samping kanan saya ada mas Hery, mas Hariadi dan mbak Rara, sedangkan sebelah kiri saya ada mbak Rubika. Senang bisa bisa ngobrol dan tertawa bersama-sama kalian. Kalau sama mas Hery, kami pertama bertemu di acara ngaBLOGburit dan bahkan satu Bis rombongan blogger Malang.

Pada Talkshow & Gathering kali ini terdapat empat pemateri yang mengisi acara, diantaranya; Nur Anasta Rahmat (COO Infinito.id),  Yustianto Tamtama (Affiliate & SEO Specialist MatahariMall.com), Harimurti Resyadanov (Co Founder iBlog Market) dan terakhir sharring pengalaman dari mas Jimmy Ahyari (Blogger & Affiliate Expert).

Selain itu diadakan juga lomba social media competition berupa live tweet. Dimana peserta bebas ngetweet berupa pantun, kata mutiara, atau mau selfie, foto pemateri, atau apapun itu. Syaratnya cukup tidak lupa mention akun twitter @mataharimallcom, dan diikuti tagar #IndonesiaBangga #MMAAJA. Dan pemenangnya akan diiumumkan diakhir acara.

[Nur Anasta Rahmat, mengupas SEO]

Untuk pemateri pertama diisi oleh mas Nur Anasta Rahmat. Secara khusus membahas mengenai Search Engine Optimization (SEO), tapi sekarang menurutnya istilah tersebut lebih dikenal Search Experince Optimization. Salah satu materinya menjelaskan The SEO Pyramid, terdiri dari yang paling utama adalah Accessible, Quality Content, lalu ada Keyword research & Targeting, kemudian Link Building dan Social.

[The SEO Pyramid, tidak terlihat jelas, yah?, maaf :D]

Ketika mengupas Link Buiding, mas Nur mengingatkan kepada para blogger untuk menghindari spamming backlink. Sebagai blogger tentu teman-teman tidak asing dengan istilah blogwalking, bukan?. Namun, sebagian blogger kerapkali masih ada yang menyisipkan backlink ke blog mereka. Karena terlalu rajin mengunjungi blog lain dan berkomentar, sampai tidak terasa pula backlink yang diterbar sebanyak komentarnya.

“Memang blogwalking itu bagus, karena kita saling mengunjungi. Kalau kita punya tetangga saling mengunjungi, itu kan bagus. Tapi yang gak bagus adalah setiap kali blogwalking kita naruk backlink kita.” menurut mas Nur. Banyak sekali materi yang dibawakan dan dijabarkan secara terperinci satu persatu. Bisa saya katakan ini materi yang paling banyak menambah ilmu buat peserta yang hadir, terutama buat saya pribadi, bertambah pengetahuan mengenai selut-beluk SEO.

Setelah sesi pertama selesai peserta dipersilahkan istirahat, sholat dan juga makan (ISOMA). Waktu tidak terasa sudah menunjukkan pukul 18.02 WIB. Semua meninggalkan tempat duduk. Sebagian mengambil hidangan yang sudah tersedia di belakang, ada pula yang langsung bergegas ke mushola untuk sholat Magrib. Kami mempunyai waktu kurang lebih satu jam untuk ISOMA. Lumayan masih bisa ngejar sholat magrib dan mengenyangkan perut yang sejak tadi sudah memberikan sinyal-sinyal khasnya.

Setelah peserta selesai ISOMA dan semua mulai menempati tempat duduknya masing-masing atau sekitar pukul 18.55 WIB. Kemudian acara kembali dilanjutkan dengan menghadirkan pemateri kedua dari Affiliate & SEO Specialist MatahariMall.com, yaitu mas Yustianto Tamtama. Ini merupakan materi utama dalam Talkshow & Gathering kali ini, sesuai dengan jargonnya “Affiliate Aja”.

[Yustianto Tamtama, mengupas Affiliate MatahariMall.com]

Affiliate Aja apa, sih?            
“Program terbaru dari MatahariMall.com, dimana MatahariMall.com dan para blogger itu kita harapkan berpatner. Bekerja sama dalam hal apa?, teman-teman bloger bisa memasarkan produk-produk kita di blog teman-teman.” tutur mas Yustianto.

Blogger tinggal mendaftarkan diri di MatahariMall.com dan maksimal butuh dua hari untuk menunggu approve. Setelah mendapatkan email pemberitahuan dan mendapatkan akses login. Baru kita bisa memilih campaign mana yang kita kehendaki. Misalnya berupa banner, pun kita juga bisa memilih ukuran yang ideal dengan lebar menu samping blog kita. Terdapat banyak pilihan ukuran, tinggal disesuaikan. Misalkan seperti itu.


Cara kerjanya gimana?, apabila ada pengunjung blog kita dan kemudian mengklik banner tersebut, lalu ia melakukan transaksi sampai berhasil membelinya. Nah, berarti kita sudah berhak mendapatkan komisi yang besaran persentasenya sesuai produk yang ia dibeli. Enak, kan? antara kedua pihak bisa saling menungtungkan satu sama lain.

Sekedar informasi untuk kategori elektronik semua rata sebesar 3% dari harga produk. Kalau yang paling besar itu dari kategori non elektronik, seperti; fashion wanita dan pria 10%, kesehatan dan kecantikan 8%, peralatan rumah tangga 7.0%, olah raga & outdor itu 6%, dan masih banyak lagi, masing-masing tergantung produknya.

Mungkin selebihnya saya buatkan tulisan tersendiri nantinya, yah. Berikut juga cara daftarnya. Baiklah, saya langsung saja melanjutkan kepada pemateri yang ketiga, kali ini diisi oleh mas Harimurti Resyadanov. Beliau merupakan Co Founder dari iBlog Market. Pernah dengar iblogmarket kan?, yang suka content placement pasti manggut-manggut :D.

[Harimurti Resyadanov, menerangkan iBlog Market]

Seperti yang kalian sudah ketahui, bahwa iBlogMarket ini merupakan platform yang bisa dikatakan sebagai penjembatan antara advertiser dengan influencer (blogger). Tentu hal ini menjadi angin segar bagi kedua belah pihak. Karena dengan begitu pengiklan bisa dengan mudah mendapatkan rekanan blogger dan juga sebaliknya, blogger jadi mudah terjamah dan mendapatkan fee dari setiap task atau penugasan yang diberikan.

“Advertiser ini akan memberikan semacam penugasan atau kita sebut sebagai task, kepada influencer dan influencer ini memang dipilih sendiri oleh mereka”, seperti yang dikatakan mas Hari dalam materinya. Jadi pengiklan yang menentukan siapa blogger yang berhak mempromosikan produknya. Di lain sisi blogger pun berhak apakah akan menerima taks tersebut atau memilih menolaknya.

Mungkin dengan pertimbangan konten tidak sesuai atau harga yang dirasa tak layak bagi kita yah :D. Diberitahukan juga kalau Iblogmarket lagi membenahi sistemnya dan terbaru akan segera diluncurkan dalam bulan ini. Diperkirakan mungkin dua minggu lagi akan diluncurkan versi 2016-nya. Keunggulan akan nampak banyak dirasakan, seperti:

 
  1. Tampilan lebih dinamis
  2. Tidak hanya blog, sosmed lainnya bisa disubmit, seperti; Instagram, Facebook, Twitter,  dan channel Youtube.
  3. Menentukan harganya sendiri. Kalau saat ini (masih versi lama) sama rata untuk kategori reguler post 75k, sedangkan premium post sebesar 1.500k.
  4. Tanpa minimum jumlah penarikan. Yang lama minimal 150k baru bisa dicairkan, nantinya tidak ada batas minimumnya.
  5. Deposit bisa dicairkan maksimal dalam 2 minggu. Dulu perlu 30 hari untuk mencairkan deposit kita.
  6. SMS notifikasi. Kalau sebelumnya pemberitahuan adanya task hanya lewat email, sekarang lewat sms juga. Jadi kalau belum sempat buka email, bisa segera tahu kalau ada job menunggunya melalui pesan singkat kita terima.

Perubahan nantinya kurang lebih akan seperti itu. Kalau diperhatikan perubahan-perubahan yang ada banyak keuntungan yang bisa pengguna dapatkan. Maka potensi mendapatkan komisi semakin terbuka lebar. Pun proses pencairan tak perlu nunggu batas minimum, lebih cepat juga pencairannya dan terutama sudah multi platfom. Sehingga menggunakan media sosial diera sekarang tak hanya sebagai sarana untuk berbagi, kita juga bisa mendapatkan pendapatan.

Itulah sekilas penyampaian materi selama acara berlangsung. Sebentar, Cho, katanya ada empat?, itu loh masih tiga. Euumm.. untuk pembicara terakhir saya ingin ulas di tulisan lainnya. Karena kisah mas Jimmy Ahyari begitu menarik untuk dikupas lebih mendalam. Bagaimana diceritakan kisah nekatnya berhenti kerja di BUMN, demi berfokus menekuni dua blogging. InsyaAllah nanti.

Sedangkan disetiap akhir pematerinya selalu diadakan sesi tanya jawab dan juga diakan semacam cerdas cermat. Menariknya barangsiapa bisa menjawab pertanyaan dari pemateri, mereka berhak mendapatkan hadiah langsung. Ada yang berupa voucher belanja di MatahariMall.com, tumbler, dan juga t-shirt. Saya tidak berhasil membawa hadiah yang ada. Lah, kamu diam, Cho :P.
 
[kalau blogger senior Kota Malang yang satu ini super aktif :D]

Siapa lagi kalau bukan mbak Anisa. Selain aktif bertanya, juga sering ngangkat tangannya untuk menjawab pertanyaan yang ada. Bahkan lomba social media competition mbak Nisa menjadi salah satu pemenangnya –dari tiga peserta yang beruntung lainnya. Bayangkan kicauannya hampir tembus 100 kali. Wow, luar biasa. Pantas saja tiap saya melihat ke arah mejanya dia terlihat sibuk dengan gadgetnya. Ternyata sambil ngetweet yah, mbak? :D.

Acara berakhir sampai pukul 21.30 WIB. Tak terasa sampai selarut itu saking menikmati seluruh suguhan acaranya. Karena kemasan acaranya tidak membosankan, pembawa acaranya juga menghibur, malah sering bercandaan, dan  khususnya pemateri yang sudah sharing pengetahuan dan pengalamannya. Semua menjadi masukan yang sangat bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir. Pokoknya banyak ilmu yang bisa dibawak pulang setelah mengikuti Talkshow & Gathering dari MatahariMall.com ini.

Baca Tulisan Lainnya:

6 Komentar. Tambahkan Komentar »

  1. Hahaha. Kalo kamu liat twiitku, lebih dari 110 lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lebih mbak?, wahaha, aku lihat pas discroll di layar itu mbak, ternyata lebih 100. Ampun, banyaknya :D

      Hapus
  2. Oh
    Itu berarti kayak Amazon itu ya

    BalasHapus
  3. blog sampeyan udah di daftarkan apa belum mas.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah mas, waktu akhir acara talkshownya. Cuma belum ada email masuk. hehe.

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Apapun itu, selama tidak merugikan, merendahkan, dan menghina golongan tertentu. Baik itu berupa kritik maupun saran terkait bahasan di atas. Terima kasih atas komentar dan kunjungannya yah :)