Sakuku, Inovasi Terbaru BCA Untuk Kemudahan Bertransaksi


Hari Kamis (10/11) lalu, saya berkesempatan hadir di acara Gathering bersama teman-teman Blogger Malang. Acara yang bertempat di lantai 2 Golden Heritage Koffie ini, diselenggarakan oleh BCA dan BBlog. Dengan mengusung tema “Ngobrol Bareng Blogger Malang”, kami diajak untuk saling sharing dan bertukar informasi. Banyak sekali keseruan yang saya peroleh selama mengikuti acaranya.



Tidak percuma berangkat jauh-jauh dari rumah untuk menghadiri acara ini. Bahkan, belum sempat sarapan karena berangkatnya terlalu pagi atau persis setelah selesai subuh. Kendatipun hanya menyisahkan waktu 6 jam sebelum acara dimulai. Tapi sama sekali tidak menyurutkan semangat mengikuti acaranya. Yang ada kelelahan yang dirasakan perlahan menghilang selama acara berlangsung.

Foto setelah acara Ngobrol Bareng Blogger Malang bersama BCA selesai

Puas sekali, selain keseruan acaranya juga banyak ilmu yang diperoleh, kami bisa saling sharing sesama blogger dan sudah ibarat reuni yang selalu dinantikan. Tak pernah jenuh selama acara berlangsung. Karena banyak sekali hiburan yang disuguhkan, mulai penampilan musik, guest star, ada standup comedy juga, dan tak kalah pentingnya mengenai informasi produk terbarunya dari BCA yaitu Sakuku.

Mbak Diandra, dari bagian Pengembangan Mobile dan Internet Banking BCA, sedang memaparkan mengenai Sakuku.

Apa itu Sakuku?

Sakuku merupakan dompet elektronik yang bisa dipergunakan untuk bertransaksi, seperti melalukan pembayaran belanja, isi pulsa ataupun transaksi perbankan lainnya. Layanan ini cukup mudah digunakan, hanya melalui scan QR Code, pengguna sudah bisa melakukan transaksi pembelian di merchant-merchant offline/online yang telah bekerjasama.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) selaku perbankan terus berinovasi seiring perkembangan teknologi. Prilaku nasabah yang juga dipengaruhi oleh teknologi membuat BCA senantiasa menghadirkan beragam kemudahan dan fasilitas perbankan terupdate. Dengan meluncurkan produk terbarunya ini, diharapkan kebutuhan transaksi nasabah bisa semakin mudah dan cepat menggunakan BCA Sakuku.

Fitur apa saja yang bisa diperoleh?

Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh Sakuku. Tentunya semakin menjawab permasalahan dan repotnya melakukan pembayaran konvensional lainnya. Melalui fitur yang ada di Sakuku, kamu setidaknya akan mendapat 9 kemudahan berikut ini:
1. Informasi Saldo
Melalui fitur ini, kamu bisa dengan mudah mengecek berapa saldo yang tersisa atau dimiliki.
2. Mutasi Transaksi
Seperti buku tabungan atau mana kala kamu melihat riwayat transaksi melalui m-banking atau e-banking. Semua akan tercatat histori setiap transaksinya.
3. Bayar Belanja
Kemudahan berbelanja dan melakukan pembayaran hanya dengan melalui smartpohe di setiap merchant baik offline atau online shop tertentu. Daftar selengkapnya bisa diakses di sini.
4. isi pulsa
Isi pulsa tanpa perlu repot-repot ke counter lagi. Cukup melalui fitur ini, kamu sudah bisa mengisi pulsa sendiri, maupun pulsa keluarga dan teman.
5. Kontak
Masuk ke fitur kontak kamu bisa melihat siapa saja teman kamu yang juga memiliki Sakuku. Seperti halnya aplikasi Whatsapp, dengan fitur ini kamu semakin mudah bila saling memerlukan, khususnya berhubungan dengan transaksi elektronik.
6. Setting
Melalui pengaturan ini memudahkan mengubah profil, cover picture, PIN, mengaktifkan fitur permintaan, melihat info Sakuku, maupun jika ingin mengupgrade ke Sakuku Plus.
7. Transfer
Dengan fitur ini kamu bisa mentransfer uang ataupun ingin ditransfer oleh teman sesama pemilik Sakuku. Minimal Rp 5.000, dengan syarat teman yang akan diminta atau yang meminta transfer harus pemegang Sakuku Plus.
8. Split Bill
Ingin bayar tagihan bersama? Bisa. Melalui fitur ini kamu bisa berbagi tagihan bersama teman-teman kamu. Tinggal dibagi rata, enak yah!. Maksimal sembilan orang teman dan sesama pemilik Sakuku Plus.
9. Tarik Tunai di ATM BCA
Memanfaatkan fitur ini kamu bisa menarik tunai dengan kelipatan Rp. 50.000,- hingga maksimal Rp. 1.250.000,- tanpa perlu membawa kartu ATM. Melalui Sakuku kamu bisa menarik di ATM BCA berlogo Sakuku. Lokasi ATMnya bisa dicek di sini.
BCA sebenarnya sudah punya sistem pembayaran elektronik, yang dikenal dengan nama Flazz. Sama halnya dengan Sakuku, Flazz yang hadir lebih awal untuk memenuhi transaksi dan pembayaran melalui kartu Flazz. Bentuk fisik kartunya hampir mirip kartu ATM pada umumnya dan top up saldo bisa diisi melalui mesin Flazz. Berikut ini contoh kartu flazz:
 
Kartu Flazz (dok. pribadi)

Lalu, apa bedanya Flazz dengan Sakuku?

“Kartu Flazz merupakan kartu prabayar multifungsi. Produk BCA ini berguna untuk memudahkan transaksi pembayaran. Jadi bagi pemegang kartu Flazz, dapat melakukan pembayaran dengan kartu Flazz di supermarket, minimarket, bayar parkir, tol dan masih banyak lagi”. Penjelasan selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Sedangkan Sakuku dihadirkan untuk memenuhi kebutuan anak muda. Kemudahan bertransaksi melalui gadgetnya membuat produk ini cocok sekali bagi para anak muda. Apalagi anak muda sekarang sudah tidak asing lagi dengan dunia e-commerce. Mereka merasa lebih efisen dan mudah membeli barang yang diinginkan melalui onlineshop.


Bila Flazz memerlukan kartu fisik, tidak halnya dengan Sakuku yang hanya membutuhkan smartphone untuk menjalankannya. Seperti kita sadari penggunaan gadget diera sekarang luar biasa sekali. Usia dini saja mainannya sudah tablet, anak SD juga sudah banyak yang megang smartphone. Jadinya dengan memiliki Sakuku, kamu tak perlu repot lagi membawa kartu fisik. 

Karakteristik Sakuku seperti apa, sih?

  1. No Pengenal Sakuku adalah No Hp 
  2. Saldo maksimal Rp. 1.000.000,- untuk non KYC (Know your customer) dan maksimal Rp. 5.000.000,- bagi KYC / Sakuku Plus
  3. Keamanan menggunakan PIN Sakuku sebanyak 6 digit numeric
            
Perbedaan limit transaksi dan saldo maksimum Sakuku dan Sakuku Plus [1]

Perbedaan Fitur antara Sakuku dan Sakuku Plus [1]

Bagaimana, banyak sekali kan keuntungan dan kemudahannya?
Kalau kamu tertarik memiliki Sakuku caranya mudah sekali. Tak hanya bagi nasabah BCA saja, loh. Mereka yang non nasabah BCA juga bisa mendaftar.. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mendaftar Sakuku: 

  1. Syarat smartphone dengan Operating Sistem Android (OS 4.0 ke atas) atau iOS iPhone (iOS 7.1 ke atas).
  2. Download aplikasi Sakuku di Google Play bagi pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.
  3. Setujui syarat dan ketentuannya, kemudian tinggal mengisi data diri yang diminta.
  4. Masukkan PIN Sakuku berupa 6 digit numerik. Untuk akses aplikasi selanjutnya menggunakan validasi transaksi dengan memasukkan PIN yang sudah kamu buat. Jadi pastikan PINnya mudah diingat.
  5. Setelah akun Sakuku aktif, kamu sudah bisa melakukan transaksi pembelian atau isi pulsa dengan maksimum saldo sesuai jenis Sakukunya.

Cara top up saldo Sakuku pun sangat mudah, hanya melalui menu transfer pada ATM BCA, m-BCA pada BCA mobile, dan KlikBCA Individu.  Selain itu, untuk mempermudah lagi proses top up Sakuku, kita bisa mengatur jadwal top up Sakuku secara otomatis melalui BCA mobile atau KlikBCA Individu. 

Caranya membuatnya terjadwal pun mudah. Kalian tinggal memilih jenis transfer berkala, kemudian bisa diatur berkala setiap tanggal, berkala setiap hari tertentu ataupun berkala setiap beberapa hari dengan nominal yang kamu bisa tentukan sendiri. Jadi tidak perlu bingung lagi kalau ingin top up di Sakuku.

Mudah sekali, kan?

Sakuku ini sangat cocok sekali untuk kamu anak muda. Seperti taglinenya yang berbunyi hangout kamu makin all out. Anak muda memang banyak memiliki kegiatan ataupun acara di luar rumah. Dengan mobilitas yang tinggi, mereka tak jarang pasti pernah lupa membawa dompet. Maka otomatis uang dan kartu-kartu di dalamnya juga ikut tertinggal. Repot kan, kalau mau bayar tiba-tiba baru sadar dompet lupa tidak dibawak.

Berkat adanya Sakuku, kamu tak perlu khawatir lagi persoalan itu. Cukup menggunakan smartphone yang kamu bawa, semua tagihan pembelian bisa dibayar dengan mudahnya. Mengingat faktanya sekarang ini smartphone keberadaannya begitu spesial. Tak perlah lepas lama dari genggaman. Jadi kemungkinan tertinggal di rumah sangat kecil.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh, selain kemudahan, praktis, pun Sakuku tanpa dikenakan biaya administrasi perbulannya. Wah.. enak sekali, kan!. Inovasi terbaru dari Sakuku BCA ini benar-benar memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Demikianlah informasi yang barangkali bisa memberikan gambaran dan sekaligus menjadi referensi pilihan bertransaksi masa kini.

[1] Sumber gambar diambil dari  laman www.bca.co.id

Baca Tulisan Lainnya:

12 Komentar. Tambahkan Komentar »

  1. Aku uda instal, tp sptnya nomor handphoneku kudu diupdate dulu. Dia gk bs verifikasi hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nomer hpnya yang diupdate?, selain domain sekarang nomer hp mbak Nining butuh piknik juga :D

      Hapus
  2. Sakuku ini emang cocok buat anak muda ya... Bisa patungan juga hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mbak, sasarannya anak muda. Ahaha, ini salah satu keuntungan, bisa urunan, ikiki

      Hapus
  3. Sangar ulasannya..lengkap broo mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mbak Sri, makasih mbak, yang punya gak sangar mbak, unyu, eh :D

      Hapus
  4. ulasanya detail mas richo...terima kasih...ndak sabar daftar sakuku juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas Faqih ;). Monggo mas bisa nunjang aktifitas mas yang padat, ehe

      Hapus
  5. sudah instal, tapi sayang di Pasuruan tidak banyak merchant yg bisa terima Sakuku #hiks

    BalasHapus
  6. waduh di bondowoso kayaknya belum ada sosialisasii niii kang

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Apapun itu, selama tidak merugikan, merendahkan, dan menghina golongan tertentu. Baik itu berupa kritik maupun saran terkait bahasan di atas. Terima kasih atas komentar dan kunjungannya yah :)